Selasa, 03 Agustus 2010
Para pengguna / pemakai mobil Timor khususnya tipe SOHC ( karburator ) sering mengalami gangguan yang disebabkan oleh masalah karburator.
Gangguan tsb misalnya :
1. Mesin susah hidup pada penyalaan pertama ( star awal setelah kondisi mesin dingin )
2. Mesin tidak langsam / tersendat sendat
dsb.
Berikut ini akan kami bahas cara mengatasi gangguan tsb, semoga bisa membantu para pemakai TIMOR, agar tetap sayang dengan mobilnya.
MESIN SUSAH HIDUP PADA PENYALAAN PERTAMA ( STAR AWAL )
Pastikan dulu bahwa semua kondisi dari pengapian s/d aliran bensin ke karburator tidak ada masalah. Salah satu penyebab mesin susah hidup pada saat pemanasan awal / warming up adalah suhu ideal mesin belum tercapai kisaran 85-90an derajat celcius dan butuh campuran bbm yg gemuk. Untuk mendapatkan campuran gemuk, maka choke harus tertutup.Disarankan katup choke sedikit dibuka kecuali di daerah dingin. Jika katup choke menutup penuh biasanya malah mesin akan susah hidup karena bbm terlalu over dan disarankan sedikit dibuka (terbuka sedikit ) supaya ada udara yang masuk. Lebarnya celah bukaan choke pada saat dingin disarankan adalah kurang lebih 3 mm. Terbuka dan tertutupnya choke ini di atur oleh sensor yang menggunakan aliran panas air radiator untuk bekerjanya. Pada saat dingin choke akan menutup dan pada saat panas cuck akan terbuka. Atur baut pengatur bukaan choke sambil diperhatikan besar kecilnya bukaan choke. Bila katup choke tertutup penuh, putarlah baut pengaturnya sensor bukaan katup choke ke arah kanan untuk membuka sedikit katup chokenya. Berikan tekanan ka arah bawah dari tuas ( B ) apabila baut terlalu keras untuk diputar. ( Lihat gambar )
Setelah katup choke sedikit terbuka, cobalah untuk menyalakan mesin. Apabila RPM warming up terlalu rendah bisa diatur dengan memutar ke kanan baut pengatur RPM warming up ( lihat gambar ). Yang benar adalah pada saat warming up, putaran mesin sedikit tinggi kurang lebih 1000-1100 rpm, dan setelah panas akan turun secara otomatis menjadi settingan rpm kehendak kita ( atur rpm idle 800-900rpm ).
Untuk stelan terbaik berdasarkan pengalaman adalah : RPM idle tanpa beban 900rpm, RPM idle ac on : 1000rpm.
Selamat mencoba..... salam sugeng.ramadi@gmail.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
mantebss..om..ikut menyimak dan menimba ilmu dah..
BalasHapustengokin blogku juga yak..jgn lupa kasih komeng:
www.parkirantimor.co.cc
thanks
Karburator saya gak bisa lamsam
HapusAs wr wb Mas Sugeng,
BalasHapusSalam kenal, Saya punya Timor SOHC 98, ada gejala yang gak enak seputar RPM mesin.
Gejalanya sbb:
1. Ketika idle RPM turun naik meski dikit2
2. Kalau mau berhenti , spt di lampu merah pas kita rem, kok mesinnya mati. Distater mesin mudah hidup spt biasa. Tapi kalo mau berhenti mesin suka mati. Jadi mesti cepet2 injak gas lagi biar mesin gak keburu mati.
3. Terus saya stel RPM di 1500-2000, nah kalo segini mah gak mati, tapi gak nyaman aja masa di idle RPM nya tinggi.
Kira2 apanya yang Mas? Mohon advice, nuhun.
Salam.
Saya minta tolong dibuatkan diagram selang vakum dari intake manifold, karburator, canister dll, soalnya mobil Timor SOHC 515S punya saya selangnya sudah diacak-acak atau ada solusi lain diagramnya bikin performance lebih baik.Terima kasih
BalasHapusom Jete...saya pernah mengalaminya juga...dng catatan kondisi yg lain ok, waktu itu saya atasi hanya dng menambah bukaan AFR...mak nyoooosss sudah gak ngedrop lagi. selamat mencoba.
BalasHapusbukaan afr tuh yg sebelah mana ya om
HapusSalam kenal dari pulau garam madura bro. Mau nanya nich... Mobil timor sy SOHC Th 97 Borosnya minta ampun, Sdh sering kali masuk bengkel tp hasilnya tetap. Gimana solusinya agar bisa irit dikit Bro?? Thx (Hairil)
BalasHapusKalo mesin sehat timor so lumayan irit,coba cek busi kalo hitam basah perlu skir klep,kalo hitam kering karbu bermasalah atau kebocoran. Stdr spuyer 140/90.trmksh
HapusPengapian harus bagus, tambahkan kabel masa dekat busi. Spuyer low jng terlalu besar..90 recomend. Stel angin angin deng tepat. cek kompresi piston.
BalasHapusdekat busi sebelah mana ?
HapusPunya saya juga iya om so th 96 boros bgt bila di tarik keluar asap hitam..Buat solusinya gimana om..Mohon bantuannya nivh wa saya 089698882112
HapusAFR itu apa om?
BalasHapusTimi SO97 saya jg sering mati saat ngerem mendadak seperti kasus om Jete?
Makasih
buat mas jate dan homestay
BalasHapuskemaren timiku jg seperti itu, aku bawa ke bengkel di 2 tempat yang berbeda hasilnya masih sama, sering mati saat gas dilepas, rpm minta tinggi terus.
setelah nyoba otak-atik karburator sendiri, akhirnya ketemu jg masalahnya, ternyata bukaan katup cuck terlalu besar, campuran bahan bakar dan udara jd ga seimbang, kebanyakan udara. Kurangi bukaan katup cuck dengan memutar baut pengatur bukaan cuck ke kanan, sampai kira2 katup cuck terbuka 2-3mili, lakukan saat mesin masih dingin.
sekarang timiku uda ga mati2 lg, rpm idle 600
Saat ini timmi saya ngambek begituan mau di coba setel sendiri tp gak bisa.. ada yg bisa bantu via telephon ya gan no kontak saya pin bb 5a68a17b
Hapusmantab sudarsono.........
BalasHapussalam kenal gan...
BalasHapusTimor saya SOHC th 1997, saya punya kendala dengan Vacuum Karburator yg jalurnya ngejlimet itu...
klo mesin nyala tanpa AC sdh berjalan normal, tapi klo AC dalam keadaan ON RPM malah turun sampe getarannya kuat
ga lama setelah itu mesin mati karena gas terlalu rendah
mohon di tampilkan yaa Gan.. Picture jalur selang vacuum yang benar... thank you...
Stel idle up ac om pake obeng pendek deket sama tali gas
HapusStel idle up ac om pake obeng pendek deket sama tali gas
HapusTimy saya SOCH thn 97 mengeluarkan asap putih dan bila digas makin pekat asapnya kira kira apa gejalanya dan gimana solusi perbaikanya,...
BalasHapusbuat teman teman yang lebih tau mohon balasanya
trims,....
Ternyata sama masalahnya sama Timor SOHC punya saya., RPM sering ajlok kalo jalan turun sama belok, kipas radiator nyala + ngerem, AC nyala (kadang2). Kata bengkelnya itu Vakum Idle yg nempel di karbu minta ganti krn membran sdh lemah, vakum itu berhubungan dgn otomatis idle Power steering, Kipas radiator, AC. jadi kalo salah satu bekerja pasti RPM naik turun bahkan anjlok mati. Tapi beli vakumnya itu dimana ya? susah carinya...
BalasHapusAda yang punya rekomendasi toko online spare part gak ya?
bos...chuck pnya mobil sy dah di matikan, gmana cara stel bukaan katupnya..?saat ini sdh tidak difungsikan lagi. Bukaan katup chuck mobil aku sdh di buka trnyata...klau diinjak pedal kopling kadang medin mati bos....mohon di kasih penjelasan...
BalasHapusKalau coke sudah tdk berfungsi, bisa diakali dengan mengikat kawat, dengan posisi coke terbuka penuh. Artinya pada saat dingin maupun panas katup coke selalu terbuka. Hal ini tidak menjadika masalah karena kita di daerah tropis, kecuali di daerah pegunungan/bersalju yg sangat dingin mungkin akan sedikit susah menyala dengan posisi katup coke yg terbuka penuh.
BalasHapushebat deh ini forum, bisa nimba banyak ilmu. Hehe
BalasHapusKalau timor ku sohc justru masalahnya kalau sudah panas. mesin di matiin rada lama, waktu mau nyala laginya susah. Brebet hebat sambil keluar asep item pekat. Kira-kira kenapa ya itu? Apa yang harus di service?
ok..mksh bos...mau tanya nih...klau oper gigi, injak kopling penuh dalam keadaan berjalan mesin kok jadi mati...itu apanya bos?
BalasHapusBersihkan atau OH karbu... cek kebocoran karburator dari angin masuk. Bisa dari selangselang yg sdh rusak atau baut kendor pada karbu. Stel angin angin karburator... buka 1,5-3 putaran dari tertutup penuh. Tergantung besar lubang spuyer. Kalau punya saya dibuka kira kira 3 putaran dari tertutup penuh denhan lubang spuyer 90/140.
Hapustimorkoe warning upnya oke stasionernya juga oke jalannya juga oke mesinnya enggak panas tapi kalo mesinnya dimatikan kira-kira 5 menit untuk hidup lagi susah banget gan staternya panjang kaya karburatornya banjir kasihan yang namanya aki alias battery takut soak tapi kalu udah nyala normal kembali jadi kesimpulanya saya takut berhenti kalu mesinnya dimatikan bikin setress kalo mau nyalainya lagi tapi kalu baru dimatikan langsung distarter lagi ma langsung top ceer tidak boleh nunggu-nunggu tolong dibantu gan aku sayang banget timorkoe makasih.
BalasHapusKarburator banjir bisa menyebabkan mesin susah hidup. Pen yg seperti anak panah yg ujungnya ada lapisan sejenis karet sdh rusak atau aus. Akibatnya saat pelampung sdh naik dan seharusnya bensin sdh off, karena lapisan seal di ujung pen sdh rusak maka bensin tetap keluar dan ini yg dusebut banjir. Ganti pen anak panah dng yg baru. Atau stel ketinggian pelampung jika lapisan seal pada pen masih bagus.
BalasHapusmasalah mobil saya hampir sama, mesin susah hidup dan banjir bensin. chokenya juga sudah dimatikan, apa ini penyebabnya atau hanya faktor pen yang sudah aus atau faktor lain..mohon pencerahannya
Hapussalam kenal dulu om, hehe sementara timor kesayangan ane lom ada masalah, tp ninggalin jejak dulu deh
BalasHapussalam kenal semua,,
BalasHapustimor ku 97 karbu sudah ganti kijang 5k super,cukup mantap lari nya ada kelemahan karbu 5k super ke di waktu pagi harus tahan gas dikit dan tunggu agak panas baru bisa normal,aku banyak buka buka di timor 515i pake yg 5k grand baru tapi malah mau injak gas mau mati dan rpm nya tinggi di atas angka 1 mohon om om bisa kasih solusi 5k grand ada vakum karbu,tolong petunjuknya dan gambar pasangan selang2 karbunya.terima kasih.
ya om g pernah oll rupanya.
Hapuskok buka forum g pernah oll kita dah nunggu2 solusinya, kalo dah habis duit dulu baru ketemu solusinya buat apa om...
HapusMemang Karbu Timor tetep paling Josh
BalasHapussalam kenal gan, mo tanya, timorku 1996, kenapa pada saat belok ke kanan dan kekiri nge gas nge gas sendiri, tp kalo jalan lurus normal, tolong infonya dong gan, thanks gan
BalasHapusOm knapa yah timy ane mau belok kekanan aja..? Sohc 96
BalasHapusom salam kenal timy sy 97, Rpm tnpa AC 1100, gmna cara menurunkan rpm jadi 900. trims sblmnya
BalasHapusselamat siang om2 suhu sekalian ,mohon penerahannya.timi sya tahun 2000 termasuk jarang pakai,dulu pakai bahan bakar premium karbu cepat kotor dan setelan karbu cepat ngawur dan posisi dalam kota 1:8,,sekarang pakai pertamax karbu sudah tdk ngawur lagi walaupun saya panaskan 2 atau kadang 3 hari sekali..tetapi bahan bakarnya juga kira2 1:8...itu normal ga ya...ada yg tau biar timmi sya bsa lebih irit lgi setingannya...oh iya dan sya juga sama ketika mesin panas,lalu dimatikan beberapa saat agak susah dihidupkan jika tdk di gas apa mslhnya dri pen anak panah juga?
BalasHapusmau beli Timor nih rencananya yg SOHC, tp koq banyak masalah ya? recomended gak sih Timor SOHC?
BalasHapussalam kenal gan ane punya masalah ama timmor sohc 1999 nae.... kenapa ya.... kalau AC nyala setiap jalan kurang lebih 20 KM bensin selalu tekor kalau AC mati lancar aja walaupun jalan 200 KM ( surabaya - tuban )PP gak macet namun setalah AC nyala dapat 20 km langsung tekor/ mesin mesin mati (terlihat di kaca karburator bensin kosong ...kira-kira apanya yang perlu diganti karena udah servis karbu sampai 5 kali tetep aja seperti itu..... mohon pencerahannya
BalasHapussalam kenal gan ane punya masalah ama timmor sohc 1999 nae.... kenapa ya.... kalau AC nyala setiap jalan kurang lebih 20 KM bensin selalu tekor kalau AC mati lancar aja walaupun jalan 200 KM ( surabaya - tuban )PP gak macet namun setalah AC nyala dapat 20 km langsung tekor/ mesin mesin mati (terlihat di kaca karburator bensin kosong ...kira-kira apanya yang perlu diganti karena udah servis karbu sampai 5 kali tetep aja seperti itu..... mohon pencerahannya
BalasHapussama bgd masalahnya gan, mungkin ada yang bisa bantu =
Hapuskalau saya udah ganti timor sohc 2 kali,aman2 aja lancar terus!timor memang hebat
BalasHapuskalau saya udah ganti timor sohc 2 kali,aman2 aja lancar terus!timor memang hebat
BalasHapusGan mau nanya bengkel Timor di Jakarta Selatan yg oke dimana ya? Rumah saya di bintaro.
BalasHapusDi kampung utan ciputat, deket Superindo
Hapusbos...kalau karbu nya di ganti pake pnya kijang 5k bisa ga ya...
BalasHapusbisa dan enak perawatan mudah serta irit gan..lebih enak sih makje yg 7 k kata temen tarikan lebih ennteng
HapusKl d ganti puny kijang apa tetap buat dudukannya mas?
HapusKl d ganti puny kijang apa tetap buat dudukannya mas?
HapusGimana memperbaiki mesin mobil mati bila pedal gsd di lepas,tolong solusinys
BalasHapusPutaran baut setelan angin soch yang bikin boros ke arAh mana ya, kl masalah tipe soch filter udara saya rombak maksudnya bahan yang trbuat dari kardus ato kertas itu saya buang diganti spon, Alhamdulillah bisa lbh irit dr sebelumnya
BalasHapussalam knal smuax mobil sya timor waktu nyalakan lampu atau fan radiator kalo sdah nyala rpmx turun kenapa ya mohon jawaban nya trins
BalasHapusMas andi wijaya@ emang bisa mas andi klo di ganti kijang 7k?? Kan itu 1800 cc?? Dan klo bisa irit apa boros?? 1 banding berapa tuh mas
BalasHapusMau tanya gan,saya punya timor sohc 99.kendalanya mesin sering mati mendadak pada saat jalan sudah agak jauh.namun temperatur suhu panasnya normal2 saja,kalo langsung distart nggak mau.tapi kalo tunggu sekitar 5 menit langsung hidup,kira2 kendalanya apa ya ?
BalasHapusMasalahnya sudah ketemu kang?
HapusMau nanya gan...timor saya 1997 kl habis buat jalan di matiin di star lg rpm turun hingga mati....kl di biar kan dingin dulu br normal jadi rpm turun saat mesin panas sohc tolong penerangany...
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMasalahnya kebanyakan sama. Mesin panas rpm drop sampe mati mesin. Nunggu dingin normal lagi. Ada yg bisa bantu? Kalau selang kearah sensor panas disumbat apa akibatnya?
BalasHapusYang nanya sabar dulu... Kapan2 pasti dibalas. Soalnya pertanyaanya banyak dan mirip2.
BalasHapusBengkel timor di bandung timur sebelah..tmksh
BalasHapusMinta diagram selang vakum karburator untuk timor sohc ?
BalasHapusSangat membantu sekali,,mkasih bnyak om
BalasHapusAsalamualaikum,,, mau tnya om,mobil saya timor SO 97.masalahnya cma d karbu, klw d pasang saringan karbu nya ko klw jalan suka endut2Tan apalgi klw Ac On, tp klw d lepas saringan nya normal2 aj om,,, kira2 apnya ya,,,?? Mksh sblumnya
BalasHapusBiasa nya filter udara nya yg kotor karna debu ....udah terlalu sering di bersihin mending ganti filter nya aja pali g 80rb ...
HapusYang karbu dikaca tekor mesin mati susah hidup itu bahaya lama lama kebul putih karna diststrr bensinnkotor padahal membran nyedot pas hidup berarti saringan tangki bensin sama sakuran yg ke membran harap cek
BalasHapusSelamat pagi rekan" boleh nanya timur s515 mobil saya tu kalo hidup berjalan jauh ketika sudah panas mesin pasti mati akan tetapi hidup kembali apa bila mesin sudah agak dingin permasalahannya dimana ya temen" terimakasih
BalasHapusSelamat Pagi OM...mau tanya,mobil saya timor SO96 kondisi normal tp klo d gas jarum RPM tidak bergerak.Mhon Info cara ngecek gmn % letak controlx sebelah mana???trimss
BalasHapusSelamat mlm om.mobil saya timpr so 1996.ini ada gendala.....klow di nyalain suaranya kayak mesin pincang.pdhal mesin normal.gk ada hla yg jebol.n rpm gk mau stabil.....klow rpm di rendahin di bawah 2000 lgsung drop mati.n suara gk mau langsam.n 1 lgi jdi borosssss.......awalnya q kira hla ada yg gk krj.stlh q rombak.hsil tetap......dah klr masuk bengkel sampai nipisin dompet.....mau ganti karbu takut nanti ternyata penyakit gk sembuh.....tlg bntuanya om......sblmnya q ucapkn trimakasih
BalasHapustimor saya kemarin kaya gitu juga, ternyata ad busi yang mati
HapusOm Timor saya kalo di ga di gas mati.rpmnya mintanya tinggi..apa solusinya om maksih
BalasHapusCoba cek selenoid langsam yg posisi diatas baut stelan angin yg ada 2kabel.coba cek pke kabel lgsg keAki+ - msh fungsi nggk.
BalasHapusTimorku so96 rpm naik turun terus kalo stir mentok ke kiri mesin mati. Kira" apa masalhnya ya?? Mohon para ahli kasih saya sedikit pengalamanya doong
BalasHapusom timor so ku kok rpmnya kadang naik sendiri apa penyebabnya?
BalasHapusOm saya mau tanya buat om om yang udah lama pake SO97,kalau di gas tinggi brebet di bawa jalan juga brebet,kira kira apa yang salah ea om..trims
BalasHapusKalau pakek ac kenapa rpm turun ya om.. Kadang sampai mati timor S099
BalasHapusTimor saya so kok mati ya klo lepas gas
BalasHapusKenapa klu pake AC Timor rpm langsung ke 1500 sohc
BalasHapusIdle up nya om...bersihin atau mau diganti
BalasHapusBos gmn cara pasang selang vacum karburator timor selang timorku acak acakan minta pencerahany gan
BalasHapusMau tanya mas bos...AQ pake Timor sohc 97...kalau AQ nyalain AC rpm naik hingga nya 2000rpm....Sampek mesin terasa panas.. mohon solusinya mas bos🙏🙏🙏🙏
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusStandard mesin dingin pagi awal di panasin rpm di angka berapa bos, punyaku sih lancar aja stater panas dingin semua oke. Cuma saat panas memang agak cengengesan dikit tapi pasti sekali stater langsung tok ceerr/bisa, soalnya kalau rpm rendah getarannya kuat banget tapi gak pernah mati. Sementara tanpa ac ON pagi rpm diangka 400-500an ac on 800 an
BalasHapusOm mau tanya kalau timi so pke krbu 7k .sepuyer krbu pke ukrn brpa biar aga irit. Inh bros bngt
BalasHapusMantab ilmunya,mau ane terapin...ini pas timor SO 96 ngambek,gejala pas mesin hidup...saya injak gas,rpm naik trus tiba tiba mati....coba dihidupin gak mau,cek karburator kayak ada tekanan bocor sampai mrembes bensin.Kenapa yaa?? Apaperlu dibuka katub chookenya?? Thanks matur nuwun sharing ilmunya
BalasHapusRpm ga stabil gimana solosi nya
BalasHapusTipe sohc
BalasHapus