Selasa, 03 Agustus 2010





Cara stel angin angin pada karburator SOHC. Nyalakan mesin dan panasi hingga kipas menyala yang menandakan bahwa suhu ideal mesin sudah tercapai dan autochoke sudah terbuka penuh. Putar baut pengatur ke arah terbuka (kebalikan arah jarum jam) hingga baut penyetel akan lepas, kemudian putar balik ke arah jarum jam hingga akan tertutup penuh yg ditandai dengan gejala mesin akan mati, kemudian putar balik secara pelan pelan dan dengan penuh perasaan hingga di dapatkan rpm naik tertinggi pertama. Jika kesulitan dengan cara tsb diatas, cobalah dengan cara baut penyetel ditutup penuh kemudian dibuka pada kisaran 1,25 hingga 3 putaran. Dilakukan pada saat mesin mati. Kemudian nyalakan mesin hingga panas lalu nyalakan ac, jika pada saat ac dinyalakan dan gas diinjak trus dilepas jarum rpm jatuh kebawah atau hampir mati, tambahkan bukaan angin angin kira kira 1/4 putaran lagi, hingga rpm tdk jatuh ke bawah. Stabil di rpm ac on (1000rpm).

22 komentar:

  1. SILAHKAN BAGI YANG MAU BERTANYA ATAU BERBAGI PENGALAMAN.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu saya stelan angin nya tidak stabil gan tidak mau teriak

      Hapus
    2. Kalawbusi cpt hitam itu apanyah gan

      Hapus
  2. Untuk stel angin ac atau angin non ac juga sma om baut'a?

    BalasHapus
  3. kalo besar kecilnya setelan angin,,itu pengaruh gak sma iritnya bbm??makash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Tp kalau angin ny kurang biasanya RPM kurang stabil

      Hapus
    2. Stelan angin nya yang mana om

      Hapus
  4. salam kenal gan ane punya masalah ama timmor sohc 1999 nae.... kenapa ya.... kalau AC nyala setiap jalan kurang lebih 20 KM bensin selalu tekor kalau AC mati lancar aja walaupun jalan 200 KM ( surabaya - tuban )PP gak macet namun setalah AC nyala dapat 20 km langsung tekor/ mesin mesin mati (terlihat di kaca karburator bensin kosong ...kira-kira apanya yang perlu diganti karena udah servis karbu sampai 5 kali tetep aja seperti itu..... mohon pencerahannya

    BalasHapus
  5. Cara nyetel rpm ac gimana kak...
    Kronologinya saat ac di matikan rpm naik dulu sampai hampir 2000 trus tunur ke stasioner normal di kisaran 800-1000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di vacum ac/idle up ac, disana ada 2 buat baut tinggal disetting dgn cara diputar2 saja bautnya

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Salam kenal, saya pengguna timor sohc 97. Tadi pagi timor saya brebet, kalau lepas gas mesin mati. Saya bersihkan filter bensin tapi masih brebet. Saya coba stel warming up sampai mesin gak mati. Brebet ilang, cuma saya risih mesin berisik kalau berhenti. Yang saya tanyakan, apa resiko jika RPM warming up tinggi? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu harus diservice.

      Resiko ny y jd kurang nyaman. Harus diservice karbunya dan cek jg busi sama kbel2nya tktnya ada kbocoran.

      Hapus
  8. Letak/posisi baut setelan angin di mana om?

    BalasHapus
  9. Bos mau tanya ?
    Kenapa AC pas nyala gas selalu naik sendiri

    BalasHapus
  10. Salam kenal... saya pengguna timor sohc th 99. Setelah mengalami over heat tarikan menjadi brebet. Busi sudah diganti karbu sudah di bersihkan. Membrebet terasa saat mobil di jalankan bila sedang diam di gas normal tidak brebet
    Mohon pencerahanya terima kasih

    BalasHapus
  11. Gan apakah konsumsi bbm timor sohc 97 bisa diiritkan? Punya saya tk hitung2 ko sampai 1:7

    BalasHapus
  12. Saya pakai timor 96 dan bbm boros bgt trus klo di tarikan keluar asap hitam..trus mengatasinya gimana om..?
    Terima kasih..Nich nomer wa saya tolong bantuannya 089698882112

    BalasHapus
  13. Slam kenal sya pemakai timor thn 97.. Mslah mobil sya stiap di pake air kabilator y sllu panas smpe mendidih akibat apa iya,,padahal kipas y nyala,, trus kalau sudah di matiin mesin y suka susah di stater lgi.. Tolong bntuan y

    BalasHapus
  14. Klo pakai karbu kijang 7 k apa irit BBM yah...

    BalasHapus