Selasa, 03 Agustus 2010

WARMING UP MESIN






Pada saat penyalaan awal mesin, terkadang mesin susah dihidupkan. Pastikan bahwa pengapian bagus dan aliran bahan bakar juga bagus. Jika semua sudah memenuhi syarat namun mesin belum juga bisa hidup, cek seberapa besar bukaan katup cuck, dengan cara membuka tutup filter udara. Akan terlihat ada dua buah ruang bakar yang satu tanpa pintu dan yang satunya lagi ada pintunya. Ruang bakar yang ada pintunya ( cuck ) adalah untuk putaran mesin yang rendah, termasuk RPM warming up / pemanasan awal. Sedangkan ruang bakar yang tanpa pintu adalah untuk RPM yang tinggi diatas 2000 rpm. Pada kondisi dingin terkadang posisi cuck tertutup penuh tanpa celah. Hal inilah yang menyebabkan mesin susah hidup pada star awal / warming up. Buka sedikit katup cuck ini dengan cara memutar baut pengatur yang ada di bawah sensor pengatur cuck. Putarlah ke kanan untuk membuka cuck sambil perhatikan seberapa besar celah bukaan yang kita inginkan. Idealnya adalah 3 mm. Setelah terbuka 3mm , coba nyalakan mesin. Perhatikan RPM mesin pada saat warming up ini. Jika RPM terlalu rendah mesin akan mati mati terus. Untuk itu naikkan RPM warming up sebesar 1000 rpm, dengan cara memutar baut pengatur warming up ke arah kanan sambil perhatikan RPM mesin dan mesin posisi on. Tidak usah kawatir akan terjadi pemborosan bensin karena RPM warming up yang terlalu tinggi ini, sebab RPM warming up ini akan turun secara otomatis jika mesin sudah pada kondisi sushu kerja mesin tercapai.

13 komentar:

  1. Bagi yang mau bertanya atau berbagi pengalaman silahkan komentar........

    BalasHapus
  2. kalau pengen gak boros gimana mas..? aq pake sohc 96, klo di hitung rata" kena 1:5...

    BalasHapus
  3. Faktor untuk gak boros itu banyak. Gaya/style menstir juga berpengaruh. Coba deh ganti spuyernya dng lubang 90 dan 125. Kerak carbon di ruang bakar dibersihi dng DCS. Stel pengapian maju 8*.Cek busi, apakah pengapian masih bagus? ganti jika perlu. Gunakan oli mesin 10w40. Selamat mencoba.

    BalasHapus
  4. aq pake sohc 00, mau nanya kalo pagi dinyalain RPM nya naik sampe 1500, apa itu normal?
    tapi saat mesin dah panas, rpm nya turun sampe 1000.

    BalasHapus
  5. Untuk rpm warming up 1500 itu terlalu tinggi, atur menjadi 1100. Dan untuk rpm pada kondisi idle adalah 800 s/d 900.

    BalasHapus
  6. Atau atur rpm pada saat warming up sesuai keinginan anda 1000 juga sudah cukup.

    BalasHapus
  7. wah kalo saya kebalikan, kalo kondisi dingin 800-900RPM tetapi kalo mesin udah dipake lama menjadi 2000RPM gimana tuh?
    Dan kalo AC di nyalain malah turun ke 1200-1300RPM, gimana tuh bingung saya..

    BalasHapus
  8. Gunanya idle warming up adalah untuk mengatur rpm pada saat dingin, kalau di bawah rpm idle , kadang sering mati untuk penyalaan awal. Untuk rpm ac bisa di stel, ada baut penyetelnya. Sebaiknya jika rpm idle 1000 rpm, maka untuk ac bisa di stel pada 1050 rprm atau 1100 rpm. Atau di atas rpm idle sedikit.

    BalasHapus
  9. Mau sharing nih, ttg sohc ku...maklum newbie :)

    BalasHapus
  10. Kok Timor sohc96,sy udah ganti CDI ,gnti busi,karbu udah di bongkar dan bersih,tpi kokmsih GK mau idup ya ,stater,gedek2 mti lgi

    BalasHapus
  11. Casino and sports bets are legal in Maryland - Dr.MCD
    With Maryland's 정읍 출장마사지 first legal sports betting app coming in April, there is a wide 과천 출장샵 range 진주 출장샵 of questions surrounding how the 삼척 출장마사지 state could 청주 출장샵 legalize sports betting.

    BalasHapus