Selasa, 03 Agustus 2010






Para pengguna / pemakai mobil Timor khususnya tipe SOHC ( karburator ) sering mengalami gangguan yang disebabkan oleh masalah karburator.
Gangguan tsb misalnya :
1. Mesin susah hidup pada penyalaan pertama ( star awal setelah kondisi mesin dingin )
2. Mesin tidak langsam / tersendat sendat
dsb.
Berikut ini akan kami bahas cara mengatasi gangguan tsb, semoga bisa membantu para pemakai TIMOR, agar tetap sayang dengan mobilnya.

MESIN SUSAH HIDUP PADA PENYALAAN PERTAMA ( STAR AWAL )
Pastikan dulu bahwa semua kondisi dari pengapian s/d aliran bensin ke karburator tidak ada masalah. Salah satu penyebab mesin susah hidup pada saat pemanasan awal / warming up adalah suhu ideal mesin belum tercapai kisaran 85-90an derajat celcius dan butuh campuran bbm yg gemuk. Untuk mendapatkan campuran gemuk, maka choke harus tertutup.Disarankan katup choke sedikit dibuka kecuali di daerah dingin.  Jika katup choke menutup penuh biasanya malah mesin akan susah hidup karena bbm terlalu over dan disarankan sedikit dibuka (terbuka sedikit ) supaya ada udara yang masuk. Lebarnya celah bukaan choke pada saat dingin disarankan adalah kurang lebih 3 mm. Terbuka dan tertutupnya choke ini di atur oleh sensor yang menggunakan aliran panas air radiator untuk bekerjanya. Pada saat dingin choke akan menutup dan pada saat panas cuck akan terbuka. Atur baut pengatur bukaan choke sambil diperhatikan besar kecilnya bukaan choke. Bila katup choke tertutup penuh, putarlah baut pengaturnya sensor bukaan katup choke ke arah kanan untuk membuka sedikit katup chokenya. Berikan tekanan ka arah bawah dari tuas ( B ) apabila baut terlalu keras untuk diputar. ( Lihat gambar )
Setelah katup choke sedikit terbuka, cobalah untuk menyalakan mesin. Apabila RPM warming up terlalu rendah bisa diatur dengan memutar ke kanan baut pengatur RPM warming up ( lihat gambar ). Yang benar adalah pada saat warming up, putaran mesin sedikit tinggi kurang lebih 1000-1100 rpm, dan setelah panas akan turun secara otomatis menjadi settingan rpm kehendak kita ( atur rpm idle 800-900rpm ).
Untuk stelan terbaik berdasarkan pengalaman adalah : RPM idle tanpa beban 900rpm, RPM idle ac on : 1000rpm.
Selamat mencoba..... salam sugeng.ramadi@gmail.com

26 komentar:

  1. mantebss..om..ikut menyimak dan menimba ilmu dah..
    tengokin blogku juga yak..jgn lupa kasih komeng:
    www.parkirantimor.co.cc
    thanks

    BalasHapus
  2. As wr wb Mas Sugeng,

    Salam kenal, Saya punya Timor SOHC 98, ada gejala yang gak enak seputar RPM mesin.

    Gejalanya sbb:
    1. Ketika idle RPM turun naik meski dikit2
    2. Kalau mau berhenti , spt di lampu merah pas kita rem, kok mesinnya mati. Distater mesin mudah hidup spt biasa. Tapi kalo mau berhenti mesin suka mati. Jadi mesti cepet2 injak gas lagi biar mesin gak keburu mati.
    3. Terus saya stel RPM di 1500-2000, nah kalo segini mah gak mati, tapi gak nyaman aja masa di idle RPM nya tinggi.

    Kira2 apanya yang Mas? Mohon advice, nuhun.
    Salam.

    BalasHapus
  3. Saya minta tolong dibuatkan diagram selang vakum dari intake manifold, karburator, canister dll, soalnya mobil Timor SOHC 515S punya saya selangnya sudah diacak-acak atau ada solusi lain diagramnya bikin performance lebih baik.Terima kasih

    BalasHapus
  4. om Jete...saya pernah mengalaminya juga...dng catatan kondisi yg lain ok, waktu itu saya atasi hanya dng menambah bukaan AFR...mak nyoooosss sudah gak ngedrop lagi. selamat mencoba.

    BalasHapus
  5. Salam kenal dari pulau garam madura bro. Mau nanya nich... Mobil timor sy SOHC Th 97 Borosnya minta ampun, Sdh sering kali masuk bengkel tp hasilnya tetap. Gimana solusinya agar bisa irit dikit Bro?? Thx (Hairil)

    BalasHapus
  6. Pengapian harus bagus, tambahkan kabel masa dekat busi. Spuyer low jng terlalu besar..90 recomend. Stel angin angin deng tepat. cek kompresi piston.

    BalasHapus
  7. AFR itu apa om?
    Timi SO97 saya jg sering mati saat ngerem mendadak seperti kasus om Jete?

    Makasih

    BalasHapus
  8. buat mas jate dan homestay

    kemaren timiku jg seperti itu, aku bawa ke bengkel di 2 tempat yang berbeda hasilnya masih sama, sering mati saat gas dilepas, rpm minta tinggi terus.

    setelah nyoba otak-atik karburator sendiri, akhirnya ketemu jg masalahnya, ternyata bukaan katup cuck terlalu besar, campuran bahan bakar dan udara jd ga seimbang, kebanyakan udara. Kurangi bukaan katup cuck dengan memutar baut pengatur bukaan cuck ke kanan, sampai kira2 katup cuck terbuka 2-3mili, lakukan saat mesin masih dingin.

    sekarang timiku uda ga mati2 lg, rpm idle 600

    BalasHapus
  9. mantab sudarsono.........

    BalasHapus
  10. salam kenal gan...
    Timor saya SOHC th 1997, saya punya kendala dengan Vacuum Karburator yg jalurnya ngejlimet itu...
    klo mesin nyala tanpa AC sdh berjalan normal, tapi klo AC dalam keadaan ON RPM malah turun sampe getarannya kuat
    ga lama setelah itu mesin mati karena gas terlalu rendah
    mohon di tampilkan yaa Gan.. Picture jalur selang vacuum yang benar... thank you...

    BalasHapus
  11. Timy saya SOCH thn 97 mengeluarkan asap putih dan bila digas makin pekat asapnya kira kira apa gejalanya dan gimana solusi perbaikanya,...
    buat teman teman yang lebih tau mohon balasanya
    trims,....

    BalasHapus
  12. Ternyata sama masalahnya sama Timor SOHC punya saya., RPM sering ajlok kalo jalan turun sama belok, kipas radiator nyala + ngerem, AC nyala (kadang2). Kata bengkelnya itu Vakum Idle yg nempel di karbu minta ganti krn membran sdh lemah, vakum itu berhubungan dgn otomatis idle Power steering, Kipas radiator, AC. jadi kalo salah satu bekerja pasti RPM naik turun bahkan anjlok mati. Tapi beli vakumnya itu dimana ya? susah carinya...
    Ada yang punya rekomendasi toko online spare part gak ya?

    BalasHapus
  13. bos...chuck pnya mobil sy dah di matikan, gmana cara stel bukaan katupnya..?saat ini sdh tidak difungsikan lagi. Bukaan katup chuck mobil aku sdh di buka trnyata...klau diinjak pedal kopling kadang medin mati bos....mohon di kasih penjelasan...

    BalasHapus
  14. Kalau coke sudah tdk berfungsi, bisa diakali dengan mengikat kawat, dengan posisi coke terbuka penuh. Artinya pada saat dingin maupun panas katup coke selalu terbuka. Hal ini tidak menjadika masalah karena kita di daerah tropis, kecuali di daerah pegunungan/bersalju yg sangat dingin mungkin akan sedikit susah menyala dengan posisi katup coke yg terbuka penuh.

    BalasHapus
  15. hebat deh ini forum, bisa nimba banyak ilmu. Hehe
    Kalau timor ku sohc justru masalahnya kalau sudah panas. mesin di matiin rada lama, waktu mau nyala laginya susah. Brebet hebat sambil keluar asep item pekat. Kira-kira kenapa ya itu? Apa yang harus di service?

    BalasHapus
  16. ok..mksh bos...mau tanya nih...klau oper gigi, injak kopling penuh dalam keadaan berjalan mesin kok jadi mati...itu apanya bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersihkan atau OH karbu... cek kebocoran karburator dari angin masuk. Bisa dari selangselang yg sdh rusak atau baut kendor pada karbu. Stel angin angin karburator... buka 1,5-3 putaran dari tertutup penuh. Tergantung besar lubang spuyer. Kalau punya saya dibuka kira kira 3 putaran dari tertutup penuh denhan lubang spuyer 90/140.

      Hapus
  17. timorkoe warning upnya oke stasionernya juga oke jalannya juga oke mesinnya enggak panas tapi kalo mesinnya dimatikan kira-kira 5 menit untuk hidup lagi susah banget gan staternya panjang kaya karburatornya banjir kasihan yang namanya aki alias battery takut soak tapi kalu udah nyala normal kembali jadi kesimpulanya saya takut berhenti kalu mesinnya dimatikan bikin setress kalo mau nyalainya lagi tapi kalu baru dimatikan langsung distarter lagi ma langsung top ceer tidak boleh nunggu-nunggu tolong dibantu gan aku sayang banget timorkoe makasih.

    BalasHapus
  18. Karburator banjir bisa menyebabkan mesin susah hidup. Pen yg seperti anak panah yg ujungnya ada lapisan sejenis karet sdh rusak atau aus. Akibatnya saat pelampung sdh naik dan seharusnya bensin sdh off, karena lapisan seal di ujung pen sdh rusak maka bensin tetap keluar dan ini yg dusebut banjir. Ganti pen anak panah dng yg baru. Atau stel ketinggian pelampung jika lapisan seal pada pen masih bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah mobil saya hampir sama, mesin susah hidup dan banjir bensin. chokenya juga sudah dimatikan, apa ini penyebabnya atau hanya faktor pen yang sudah aus atau faktor lain..mohon pencerahannya

      Hapus
  19. salam kenal dulu om, hehe sementara timor kesayangan ane lom ada masalah, tp ninggalin jejak dulu deh

    BalasHapus
  20. salam kenal semua,,
    timor ku 97 karbu sudah ganti kijang 5k super,cukup mantap lari nya ada kelemahan karbu 5k super ke di waktu pagi harus tahan gas dikit dan tunggu agak panas baru bisa normal,aku banyak buka buka di timor 515i pake yg 5k grand baru tapi malah mau injak gas mau mati dan rpm nya tinggi di atas angka 1 mohon om om bisa kasih solusi 5k grand ada vakum karbu,tolong petunjuknya dan gambar pasangan selang2 karbunya.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya om g pernah oll rupanya.

      Hapus
    2. kok buka forum g pernah oll kita dah nunggu2 solusinya, kalo dah habis duit dulu baru ketemu solusinya buat apa om...

      Hapus
  21. Memang Karbu Timor tetep paling Josh

    BalasHapus
  22. salam kenal gan, mo tanya, timorku 1996, kenapa pada saat belok ke kanan dan kekiri nge gas nge gas sendiri, tp kalo jalan lurus normal, tolong infonya dong gan, thanks gan

    BalasHapus