Selasa, 03 Agustus 2010
Cara stel angin angin pada karburator SOHC. Nyalakan mesin dan panasi hingga kipas menyala yang menandakan bahwa suhu ideal mesin sudah tercapai dan autochoke sudah terbuka penuh. Putar baut pengatur ke arah terbuka (kebalikan arah jarum jam) hingga baut penyetel akan lepas, kemudian putar balik ke arah jarum jam hingga akan tertutup penuh yg ditandai dengan gejala mesin akan mati, kemudian putar balik secara pelan pelan dan dengan penuh perasaan hingga di dapatkan rpm naik tertinggi pertama. Jika kesulitan dengan cara tsb diatas, cobalah dengan cara baut penyetel ditutup penuh kemudian dibuka pada kisaran 1,25 hingga 3 putaran. Dilakukan pada saat mesin mati. Kemudian nyalakan mesin hingga panas lalu nyalakan ac, jika pada saat ac dinyalakan dan gas diinjak trus dilepas jarum rpm jatuh kebawah atau hampir mati, tambahkan bukaan angin angin kira kira 1/4 putaran lagi, hingga rpm tdk jatuh ke bawah. Stabil di rpm ac on (1000rpm).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SILAHKAN BAGI YANG MAU BERTANYA ATAU BERBAGI PENGALAMAN.......
BalasHapusKarbu saya stelan angin nya tidak stabil gan tidak mau teriak
HapusKalawbusi cpt hitam itu apanyah gan
HapusUntuk stel angin ac atau angin non ac juga sma om baut'a?
BalasHapusSama om
Hapuskalo besar kecilnya setelan angin,,itu pengaruh gak sma iritnya bbm??makash
BalasHapusTidak. Tp kalau angin ny kurang biasanya RPM kurang stabil
HapusStelan angin nya yang mana om
Hapussalam kenal gan ane punya masalah ama timmor sohc 1999 nae.... kenapa ya.... kalau AC nyala setiap jalan kurang lebih 20 KM bensin selalu tekor kalau AC mati lancar aja walaupun jalan 200 KM ( surabaya - tuban )PP gak macet namun setalah AC nyala dapat 20 km langsung tekor/ mesin mesin mati (terlihat di kaca karburator bensin kosong ...kira-kira apanya yang perlu diganti karena udah servis karbu sampai 5 kali tetep aja seperti itu..... mohon pencerahannya
BalasHapusKoil lemah.
HapusCara nyetel rpm ac gimana kak...
BalasHapusKronologinya saat ac di matikan rpm naik dulu sampai hampir 2000 trus tunur ke stasioner normal di kisaran 800-1000
Di vacum ac/idle up ac, disana ada 2 buat baut tinggal disetting dgn cara diputar2 saja bautnya
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSalam kenal, saya pengguna timor sohc 97. Tadi pagi timor saya brebet, kalau lepas gas mesin mati. Saya bersihkan filter bensin tapi masih brebet. Saya coba stel warming up sampai mesin gak mati. Brebet ilang, cuma saya risih mesin berisik kalau berhenti. Yang saya tanyakan, apa resiko jika RPM warming up tinggi? Terima kasih sebelumnya.
BalasHapusKarbu harus diservice.
HapusResiko ny y jd kurang nyaman. Harus diservice karbunya dan cek jg busi sama kbel2nya tktnya ada kbocoran.
Letak/posisi baut setelan angin di mana om?
BalasHapusBos mau tanya ?
BalasHapusKenapa AC pas nyala gas selalu naik sendiri
Salam kenal... saya pengguna timor sohc th 99. Setelah mengalami over heat tarikan menjadi brebet. Busi sudah diganti karbu sudah di bersihkan. Membrebet terasa saat mobil di jalankan bila sedang diam di gas normal tidak brebet
BalasHapusMohon pencerahanya terima kasih
Gan apakah konsumsi bbm timor sohc 97 bisa diiritkan? Punya saya tk hitung2 ko sampai 1:7
BalasHapusSaya pakai timor 96 dan bbm boros bgt trus klo di tarikan keluar asap hitam..trus mengatasinya gimana om..?
BalasHapusTerima kasih..Nich nomer wa saya tolong bantuannya 089698882112
Slam kenal sya pemakai timor thn 97.. Mslah mobil sya stiap di pake air kabilator y sllu panas smpe mendidih akibat apa iya,,padahal kipas y nyala,, trus kalau sudah di matiin mesin y suka susah di stater lgi.. Tolong bntuan y
BalasHapusKlo pakai karbu kijang 7 k apa irit BBM yah...
BalasHapus