Rabu, 30 Mei 2012

BONGKAR DELCO SOHC TIMOR merk MANDO

 No.9. Posisi setelah cover in terbuka.
 No.8. Lepaskan cover in (tutup dalam) dengan mencabut. Cover in tidak diikat dengan baut, sehingga dapat dengan mudah dilepas.

 No.7. Posisi setelah rotor di cabut, terlihat cover in.

 No.5. Cabut rotor dari as nya. hati hati pada saat mencabutnya agar tidak rusak. Cabut secara tegak lurus. Lihat gambar no.6.
 No.4. Posisi setelah tutup delco terbuka, terlihat rotor dan cover in(tutup dalam).
No.3. Lepaskan 2 baut di sisi kiri kanan tutup delco dengan menggunakan obeng + .
 No.2. posisi setelah delco dilepas, dengan cara mencabut dari body. Ingat posisi ujung delco yang berbentuk T(utuk penandaan posisi yg sama pd saat pemasangan).   Terlihat seal O, yang biasanya menyebabkan terjadi rembesan jika seal O mengecil karena panas.
No.1. Tandai antara kabel busi dengan tutup Delco, agar tidak terjadi kesalahan pada saat pemasangan ulang. Kemudian lepas satu persatu kabel busi dan kabel delconya. Tandai juga antara delco dan body mesin, agar diperoleh posisi timming yang sama dengan posisi sebelumnya. Lepaskan 2 buah baut pengikat delco dengan body mesin, menggunakan kunci ring 12.




 
Pengalaman menarik dan berharga....mesin terasa ndut ndutan pada saat gas di tekan. Dan delco berbunyi seperti suara mesin nglitik. Cek delco ditemukan cover in pecah dan rotor retak. Setelah diganti ternyata belum menyelesaikan masalah, karena bunyi nglitik di delco masih ada. Tetap tidak menyerah dan harus menemukan permasalahannya....setelah mesin dinyalakan dan ditunggu beberapa saat, dilakukan pengecekan tanpa sinar lampu dan pada malam hari, sengaja gelap gelapan agar kalau ada percikan arus listrik segera diketahui. Ternyata benar juga...ditemukan koil keluar bunga api, walaupun kecil dan hanya terlihat dikegelapan, paling tidak sudah menemukan permasalahan walaupun belum yakin akan sumber masalahnya disitu. Mencoba berfikir sejenak, kemudian timbul ide untuk menambal dengan lem putih yang biasa dipakai untuk mengelem kayu. Pada posisi yg bocor dan disekitarya mulai diolesi lem kayu dengan harapan percikan bunga api tidak keluar lagi. Setelah ditungguin beberapa saat hingga lem mengering, mesin mulai dinyalaka lagi...dengan harap harap cemas....ternyata percikan bunga api tidak keluar lagi dan bunyi nglitik di delco juga hilang.....masalah terselesaikan..terima kasih lem kayu...

12 komentar:

  1. Delco mobil Timor SOHC tidak mengeluarkan api, secara fisik ada kerusakan pada kapasitor (lihat pada gb 2 kotak hitam kecil yg pakai kabel hitam dibaut pada delco). saya cari toko spare part timor tidak ada di jual, harus beli satu set delco. apakah ada yang tahu berapa besar kapasitor tsb, uF ? V ? terima kasih.

    BalasHapus
  2. delco satu set di www.optimus-autopart.com Rp 1.300.000,- lengkap. beli sama mas taufik di www.s515i.com Rp. 800.000,-

    BalasHapus
  3. Kalo mau memperbesar pengapian gimana ya agan2???

    BalasHapus
  4. Om tolong urutan kabel busi pada4 posisi tutupdidelco nya om... Busi 1 kabel manadan letak nya posisisi didelco yang mana om dan selanjutnya.....

    BalasHapus
  5. Infonya... Delco sy masih platina apakah bisa d gnt dgn cdi.. dan kal d gnt cdi apaapakah msh oerkp koil.. timor ssohc

    BalasHapus
  6. Wa sya... Yg mau bersaudara... Timor sohc ngawi jatim. 085735552379. Berbagi ilmu pengalaman

    BalasHapus
  7. Di gambar paling atas (nomor 9) itu kan ada 1 step lagi biar bisa buka CDI. Nah yg besi bulet kaya gear itu bukanya gimana caranya om?

    BalasHapus
  8. tanya om.. klo sdh jalan jarak jauh dan mesin panas serasa power mobil berkurang dan molor.. apa penyebabnya

    BalasHapus
  9. Timorku stlh.sevice karbu ternyata jika dipasang rumah filter.udara.malah brebet boros padahal tanpa filter busi juga.vepet matimohon pencerahannya boss

    BalasHapus
  10. Mnta tlg kedua kabel dr delko itu alur sambungannya gmn mhn ptunjuk

    BalasHapus
  11. Busi no.3 tidak berfungsi padehal kabal dan busi nya sudah di ganti baru mohon pencerahan nya

    BalasHapus